Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Sultan Keluar Karena Khawatir Ketokohannya Pudar

Written By Mas Donny on Jumat, 08 Juli 2011 | 11.36


JAKARTA - Sri Sultan Hamengku Buwono X memutuskan angkat koper dari ormas Nasional Demokrat (Nasdem). Analis politik dari Charta Politika Arya Fernandes menduga keluarnya Sultan didasarkan kekhawatiran akan pudarnya ketokohan dirinya.

"Ketokohan Sultan akan bertambah bila Nasdem hanya berupa ormas, karena sekarang Nasdem sudah berubah menjadi parpol dipastikan malah akan menurunkan tingkat ketokohan Sultan," ujar Arya saat dihubungi okezone, Jumat (8/7/2011).

Selain itu, lanjut Arya, keluarnya sultan dari Nasdem kemungkinan juga didasari kerena Nasdem bukan dihuni oleh tokoh-tokoh politik melainkan tokoh ormas.

"Para tokoh termasuk Sultan merasa bila Nasdem menjadi parpol belum bisa teruji secara elektoral,"jelasnya.

Menurut Arya keluarnya Sultan diyakini akan diikuti sejumlah elite partai politik lain yang bergabung dengan Nasdem.  "Sebagian besar tokoh kan sudah merasa nyaman di partai mereka sebelumnya," katanya.

Seperti diketahui, sejumlah politikus dari Partai Golkar, Hanura dan PDI Perjuangan berada di ormas  Nasdem. Namun, petinggi Nasdem membantah bila ormas Nasdem satu paket dengan partai politik Nasdem yang sudah mendaftarkan diri mengikuti Pemilu 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar